Sabtu, 30 April 2011

Perangkat Internet

Perangkat yang dibutuhkan untuk mengakses internet meliputi:
1. Komputer/laptop
2. Modem/HP sebagai modem+kabel data
3. Jaringangan telepon/Hp/Hotspot
4. Adanya sambungan dengan ISP (Internet Service Provider)

Pembahasan untuk masing-masing perangkat yang dibutuhkan
1. komputer/laptop
-komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer.
Komputer terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).
Perangkat keras
* Prosesor atau CPU sebagai unit yang mengolah data
* Memori RAM, tempat menyimpan data sementara
* Hard drive, media penyimpanan semi permanen
* Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh CPU, seperti mouse, keyboard, dan tablet
* Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor dan printer
Perangkat lunak
* Sistem operasi
Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.
* Program komputer
Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya

jenis-jenis komputer
* Komputer analog
* Komputer pulsa
* Mikrokomputer
o Komputer rumah (home computer)
o Komputer pribadi (PC)
o Server
* Minikomputer
* Mainframe computer
* Superkomputer
sumber:http://id.wikipedia.org/wiki/Komputer


-laptop
Notebook atau laptop adalah unit alat elektronik yang mudah dibawa dan memiliki monitor. Notebook/laptop ini sangat ringan dan mudah dibawa kemana-mana.

Komponen Laptop

Komputer laptop memiliki komponen yang menyatu dalam kerangkanya. Beberapa komponen ini sangat rumit untuk diganti sendiri apabila para penggunya ingin mengupgrade komponen di laptop mereka. Biasanya perlu tehnisi khusus laptop untuk mengganti komponen dalam notebook. Bagi kebanyakan para pengguna laptop, hal ini tidaklah menjadi masalah karena kebanyakan mereka tidak berniat untuk mengupgrade komponen notebook mereka meskipun mereka bisa. Notebook biasanya lebih cepat rusak daripada komputer desktop.

Dari bobot dan fungsinya, laptop dapat dibedakan sebagai berikut :

* Desktop Replacement Laptop

Laptop jenis ini mengedepankan performa dan cenderung mengabaikan bobotnya. Bahkan, untuk satu buah laptop, beratnya bisa mencapai 3-4,5 kg. jenis laptop ini kurang cocok digunakan kepada mereka yang sering bepergian mengingat besar dan bobotnya yang lumayan berat.
* Thin and Light Laptop

Ciri-ciri utama dari Laptop ini adalah modelnya slim dan bobotnya ringan. Cocok digunakan untuk orang-orang yang mempunyai mobilitas tinggi dan sering bepergian keluar kota.

Bobotnya bisa kurang dari 2 kg. Namun harganya bisa jauh lebih mahal daripada Mainstream Laptop.

* Ultraportable Laptop

Lebih kecil dan ringan daripada Thin and Light Laptop. Ukuran layar tidak lebih dari 12 inci dengan bobot berkisar 1,5 kg. Kadang-kadang laptop jenis ini tidak dilengkapi dengan Optical Drive. Namun beberapa produsen mengikutsertakan Optical Drive Eksternal dalam satu paket Laptop tersebut.

* Tablet PC

Ini adalah jenis laptop yang mempunyai keistimewaan tertentu. Yaitu selain ringan juga dilengkapi dengan “Touchscreen”. Jadi kita bisa menulis dengan tulisan tangan kita sendiri di layarnya dengan menggunakan bantuan Stilus (pena khusus)


Sumber:http://www.wikijawab.com
http://bejosaputro.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar