Kamis, 14 Juli 2011

INTERNET BAGI DUNIA PENDIDIKAN SEKARANG INI

INTERNET BAGI DUNIA PENDIDIKAN SEKARANG INI

Pada saat ini teknologi informasi di Indonesia berkembang sangat pesat, teknologi informasi menjadi salah satu kebutuhan yang utama bagi para pendidik dan pelajar terutama di daerah perkotaan. Internet menjadi hal wajib bagi mahasiswa, oleh sebab itu di sekitar kampus banyak tersedia warnet untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa dalam rangka mencari referensi.

Internet kini bukan hanya milik orang-orang berduit berduit, orang-orang dengan kantong yang pas-pasan juga bisa menikmatinya, saat ini internet bisa diakses di mana-mana, tidak hanya di kota saja, di desa-desa pun dengan mudah kita jumpai warung internet. Bahkan semua provider telpon seluler pun menyediakan layanan internet dengan tarif yang sangat murah dan mudah terjangkau oleh semua kalangan sehingga tak hayal internet tak lagi menjadi barang yang mahal dan mewah lagi, bayangkan hanya dengan dua ribu lima ratus rupiah perhari kita bisa menikmati internet dengan puas kita cukup menyediakan komputer atau laptop plus modem CDMA. Beberapa tahun lalu sekitar tahun 2000, mencari warnet di kota kabupaten pun sangat susah.
Semakin berkembangnya pengetahuan akan teknologi informasi ini juga dimanfaatkan dalam mengembangkan dunia pendidikan. Internet menjadi salah satu kebutuhan agar tidak menjadi pendidik dan pengajar yang gaptek. Sejumlah sekolah mengunakan internet sebagai media E-learning, mengirim tugas pada guru dan dosen, melihat berbagai pengumuman sekolah dan bahkan menggunakan internet untuk mengumumkan nilai rapor maupun nilai ujian. Bukan hanya itu, internet juga sangat berguna ketika mencari referensi maupun mencari pengetahuan yang baru. Internet sangat membantu tugas-tugas guru dalam rangka memperluas pengetahunnya agar bisa mengajar para peserta didiknya dengan maksimal. Segala macam pertanyaan yang mungkin susah untuk dijawab mulai dari ilmu pasti dan sosial hingga rumus hitung-hitungan dapat dengan mudah didapatkan di internet dari berbagai sumber terpercaya dari dalam dan luar negeri.
Pemanfaatan sangat perlu dioptimalkan di setiap sekolah di indonesia kedepannya agar para siswa yang memiliki tingkat rasa keingintahuan yang tinggi dapat mengoptimalkan kemampuannya dengan dibekali internet namun tetap harus ada kontrol dari guru dan orang tua yang mampu membimbing para murid dengan baik agar internet tidak disalah gunakan oleh para murid. Dengan adanya internet para guru juga bisa mengenalkan hal-hal yang baru pada siswa, selain itu intenet juga merupakan salah satu jendela dunia bilamana dimanfaatkan dengan baik akan menyajikan informasi yang begitu luas dan tak terbatas. Tidak hanya dunia pendidikan tetapi juga dunia professional membutuhkan internet baik untuk promosi di dunia maya maupun sekedar untuk mencari informasi berbagai kebutuhan hidup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar